Hari-hari Pertama Aliya di TPA

Sudah tiga hari belakangan ini setiap ba’da ashar saya mengantar Aliya mengaji di TPA terdekat. Sebelumnya saya terlebih dulu menawarkan Aliya untuk belajar mengaji dengan diselipkan diskusi kecil antara saya dan Aliya karena saya berprinsip apapun keputusan yang menyangkut Aliya hasilnya adalah keputusan Aliya atau keputusan bersama. Aliya adalah seorang anak bukan boneka yang harus ikut semua keputusan orang tuanya. Menurut saya membiarkan anak mengamnbil keputusan sendiri adalah salah satu hal yang kecil untuk menjadikannya pribadi yang mandiri.

Kelak jika Aliya menolak tawaran saya itu, saya tidak akan memaksanya karena dia masih batita. Alhamdulillah responnya positif ditambah teman-teman sepermainannya juga ikut mengaji di TPA yang sama.

Hari pertama Aliya hanya datang terus baca dan pulang. itu juga saya harus mengeluarkan berbagai rayuan biar Aliya nggak minta pulang, tentu saja guru dan teman-temannya juga ikut merayunya. Tapi namanya hari pertama bisa dimaklumilah, sudah bagus Aliya mau datang ke TPA.

Untuk bikin semangat Aliya sepulang dari TPA saya ajak dia beli keperluan mengaji dari mulai alat tulis hingga buku Iqra. Nggak disangka dia bilang

“Bunda, aku beliin iqra yang ada Princes Sofianya yaa”

“Heu? ada gitu?”

“Äda” jawab Aliya mantap

Iqra yang gambarnya Princes Sofia? Si Sofia saja pasti nggak pernah ngaji masa sih bisa nampang jadi model di cover Iqra. Dapat ilham dari mana tuh anak minta iqra bergambar Princes Sofia.

Akhirnya karena cari di toko mana pun pasti itu Iqra pesanan Aliya nggak bakal ketemu, saya pun menawarkan Aliya tempat pensil yang ada gambar Princes Sofia, beruntung Aliya menyetujuinya.

“Ih dompet Aliya ada Sofia nya tuh bunda.” Komen Aliya

“Tempat pensil nak.” Saya mengoreksinya

“Dompet bunda.” Aliya ngotot.

Iya deh apa kata Aliya daripada terjadi perdebatan nggak penting yang ujung-ujungnya bikin Aliya nangis ngamuk alias ngadat. Saya juga yang repot. Dimana-mana emak tuh kudu ngalah sama anaknya yang masih batita dalam hal perdebatan nggak penting.

Hari kedua mengaji di TPA Aliya justru semakin semangat malah teman-teman yang ada di dekat gurunya disuruh minggir katanya

“Äwas aku mau baca. awas awas…” Aliya mengusir teman-temannya dengan mengibaskan buku Iqra-nya.

Untung semua temannya yang rata-rata usianya di atas Aliya pada ngalah (Aliya paling kecil di situ). Bu gurunya cuma geleng-geleng kepala. Emaknya tepok jidat.

Hari ketiga saat mulai membaca surat Al-Fatihah Aliya sudah siap di depan Bu Guru. Siap-siap menjadi orang pertama yang baca Iqra pada hari itu. Padahal biasanya anak-anak yang sudah lancär dulu yang baca. Dan ajaibnya ini anak nggak minta pulang sama sekali. Nggberapa surat ak minta minum dan nggak minta susu. Keprok-keprok buat Aliya

Sabtu sore Aliya terbangun dari bobo siangnya dan dia langsung bilang. “Bunda kita mandi yuk terus ngaji”

“Libur nak. sekarang sama besok kita nggak ngaji. libur. Nanti hari senen kita ngaji lagi.”

“Hooo terus abis mandi main yaa bunda. kalo udah mandi nanti nggak boleh main kotor-kotoran nanti aku dimarahin sama bunda deh.”

Hayah nih anak kayaknya lagi sindirin emaknya deh yang hobi marah-marah,

Semoga semangat mengajinya nggak pernah ilang ya nak. Terus semangat dan bunda tetap akan mendampingi dan membimbing Aliya untuk menjadi anak yang sholehah AMIN

NB: Sekarang Aliya sudah mulai hafal beberapa surat pendek seperti Al-Asr, Al-Fatihah, Al-Ikhlas dan doa sebelum/sesudah makan, serta doa sebelum tidur. Alhamdulillah

Tulisan ini saya buat beberapa bulan yang lalu dan tersimpan manis di dalam lapie hanya untuk dokumentasi pribadi bahwa saya memiliki tulisan Aliya Kecil tapi sekarang gak ada salahnya ditaruh di blog saya yang baru setelah blog saya yang lama menghilang seiring tewasnya Multiply hiks. Dan kali ini saya tidak lagi menggunakan nama Kavellania, entahlah biar saja nama itu menjadi kenangan hayah lebay

4 thoughts on “Hari-hari Pertama Aliya di TPA

Leave a Reply

